• Forum Pembekalan Adik dan Wali Inspirasi

     

    wpid-wp-1447141488698.jpgPemandangan yang berbeda tampak di SD Muhammadiyah Menguri hari itu, Minggu 7 November 2015, Sekolah yang terletak di Dukuh Sebatang, Desa Kulon Progo, Yogyakarta ini mendapatkan kunjungan spesial dari kakak-kakak Inspirasi Jivakalpa. Selain Kakak inspirasi, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali inspirasi, Guru, Kepala Sekolah dan tentunya Adik-adik inspirasi yang senantiasa memancarkan senyum merona kala mendapatkan kunjugan oleh sosok kakak inspirasi yang selama ini hanya dikenalnya dalam sebuah imajinasi. Kegiatan temu kangen ini bernama Forum Pembekalan Adik dan Wali Inspirasi.

    Seperti anak-anak pada umumnya, bermain adalah hal yang paling menarik untuk dilakukan. Hal ini pun berlaku di kalangan adik-adik inspirasi yang berjumlah 8 orang ini. Sebelum acara dimulai, salah satu kakak inspirasi sebut saja kak.Shofi berinisiaif melakukan PDKT ke adik-adik inspirasi dengan bermain bersama sembari menunggu semua wali inspirasi hadir di tempat tersebut.

    Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Menguri, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memberikan Ice Breaking kepada adik-adik inspirasi. Ice Breaking ini dipandu oleh kak.Melisa, permainan dilakukan dengan meniup balon terlebih dahulu lalu distusuk menggunakan peniti tapi balonnya tidak boleh meledak. Setelah permainan usai, kegiatan dilanjutkan dengan kelas inspirasi yang dibawakan oleh kak.Sandro.

    Kejutan pun dihadirkan oleh Kakak-kakak jivakalpa dengan memutarkan video yang dibuat khusus oleh kakak-kakak inspirasi untuk adik-adik inspirasinya. Kejutan tidak berhenti sampai disitu, selain mendapatkan video dari kakak-kakak inspirasi, adik-adik inspirasi pun mendapatkan sepucuk surat, hadiah dari kakak inspirasi yang hadir saat itu. Bukan hanya surat dari kakak inspirasi, adik-adik inspirasi pun mendapatkan surat dari United Kingdom (UK) oleh kakak-kakak yang kuliah di sana yang tergabung di Mata Garuda, organisasi ikatan awardee LPDP.

    Keesokan harinya kegiatan kakak asuh ini berlanjut dengan melakukan kunjungan ke rumah adik-adik inspirasi “Home Visit”. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan lebih detail program kakak adik asuh yang dikelola oleh anggota Jivakalpa kepada kedua orang tua adik inspirasi. Selian itu kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan dukungan ke para Wali inpirasi untuk membantu adik-adik inspirasi dalam belajar. Kegitan pendekatan personal ini dilakukan untuk membentuk ikatan emotional antara orang tua, anak dan kakak asuh dan mendapatkan kepercayaan dari orang tua untuk membimbing anak-anaknya manjadi anak yang meninspirasi masyarakat Indonesia.

    Penulis : Ary Utary Nur

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: