Gadong

GADONG

Gadong berasal dari daerah Sumatera Utara. Secara harafiah, gadong berasal dari bahasa Batak Toba yang berarti ubi atau singkong, yang merupakan bahan utama panganan gadong. Gadong pada umumnya berupa singkong atau ubi yang dimasak dengan cara direbus, dibakar ataupun di goreng. Gadong dalam masyarakat Batak dianggap sebagai salah satu makanan pokok pengganti nasi, khususnya sebagai sarapan pagi atau bekal pada waktu bekerja. Untuk menambah selera, panganan gadong pada umumnya disantap bersama dengan ikan asin dan sambal tradisional. Kandungan karbohidrat pada Gadong tidak kalah bila dibandingkan dengan kandungan karbohidrat pada nasi.

Filosofi Gadong merupakan panganan yang sangat sederhana, bahan baku dan pembuatannya pun sederhana. Namun kandungan gizi pada Gadong tidak bisa dianggap remeh. Hal ini menunjukkan bahwa insan kelompok Gadong merupakan insan yang memiliki sikap sederhana namun tetap memberikan kontribusi nyata bagi sekelilingnya.

Bahan baku Gadong adalah singkong yang merupakan tanaman yang dapat tumbuh hampir di semua tempat tanpa perlu penanganan istimewa. Hal ini menunjukkan bahwa insan kelompok Gadong merupakan insan yang cepat beradaptasi dan juga berkembang di lingkungan mana pun.

Anggota Kelompok Gadong terdiri dari Aldy Syahdeini, Arion Maroasi Simaremare (Koordinator), Brisbenta Shannatove, Budi Permana, Burhanuddin Aziz, Fadilla Noor Rahma, Ilman Hakim, Indria Wahyuni, Iryani, Isma Dwi Kurniawan, Istato Hudayana, Linda Ayu Rizka Putri, Muhalim, Mulya Supianto,Rizqarossaa Darni, Simso Johanes Manondang, Teguh Ersada Natail Sitepu, Ula Aulia Fitrian

Foto Jajanan Gadong (int)

Foto Jajanan Gadong (int)

%d bloggers like this: