Makna Maskot

Maskot Jivakalpa

Maskot Jivakalpa (PK 43 LPDP RI) merupakan Ubi Jalar yang dalam bahasa ilmiah disebut Ipomea Batatas. Jadi teman-teman Jivakalpa menyebutnya Ipo si Ubi Jalar. Ubi melambangkan diversifikasi pangan, sesuai dengan tema yang diangkat oleh Jivakalpa. Ubi dipilih sebagai maskot untuk memperkenalkan ubi sebagai bahan pengganti bahan makanan pokok yang sama bergizinya dengan padi.
Ikat kepala Ipo si Ubi Jalar menjadi identitas Jivakalpa karena terdapat logo angkatan dan nama 6 kelompok PK Jivakalpa. Ikat kepala menjadi simbol bahwa kita dalam satu ikatan bersatu dalam Jivakalpa. Ipo si Ubi Jalar kelihatan agak gemuk melambangkan kesejateraan. Namun tidak terlalu banyak aksesoris sebagai bentuk kesederhanaan. Hal ini menjadi tujuan sekaligus harapan agar anggota Jivakalpa bisa hidup sejahtera namun tetap sederhana dalam gaya hidup. Ipo si Ubi Jalar menggunakan sarung tangan dan sepatu modern sebagai tanda bahwa anggota Jivakalpa terbuka akan hal baru dan akan selalu beradaptasi dengan zaman.
Sabuk dengan kepala logo LPDP dan lambang kementrian dewan penyantun artinya Jivakalpa sebagai kelompok awardee LPDP RI tetap berada di bawah naungan LPDP dan 4 kementrian tersebut. Terakhir Ipo si Ubi jalar memegang bendera Indonesia karena anggota Jivakalpa adalah putra-putri Indonesia yang selamanya akan berjuang untuk kebaikan Indonesia.

%d bloggers like this: