• Mendidik Anak dengan Cara Mendongeng

    Rona Mentari unjuk kebolehan mendongeng. (Foto : Widiastuti)

    Rona Mentari unjuk kebolehan mendongeng. (Foto : Widiastuti)

    KULONPROGO (KRjogja.com) – Hari Mendongeng Nasional 28 November, Rona Mentari dari Rumah Dongeng Mentari memberikan semangat siswa siswi SD Muhammadiyah Menguri Desa Hargotirto Kecamatan Kokap dengan mendongeng. Selain itu juga dilakukan Deklarasi Hari Mendongeng bersama Kepala Sekolah Uji Ikhtiarini Istiqomah dan para guru, untuk mengenang Hari Lahir Tokoh Dongeng Nasional Drs Suyadi (Pak Raden).

    Dalam kesempatan itu diserahkan pula buku untuk perpustakaan sekolah dari media partner. Di hadapan siswa kelas 1 hingga 6 sebanyak 62 siswa, Rona menunjukkan kebolehannya mendongeng yang diselipi ajakan untuk memungut sampah dan menempatkan pada tempat sampah.

    Rona Mentari menyatakan dalam mendongeng ia selalu menyisipkan pesan dan ajakan untuk berbuat positif diantaranya menghargai dan menghormati guru dan mencintai lingkungan. “Kebetulan dalam dongeng tadi saya ajak anak-anak untuk mengumpulkan sampah di lingkungannya, serta mengajarkan untuk berusaha dalam mendapatkan sesuatu dan tidak instan. Kalau ingin nilai bagus ya harus belajar,” paparnya.

    Mendongeng, kata Rona, merupakan cara yang baik untuk mendidik anak tanpa anak merasa digurui. Banyak sekali cerita, karena budaya mendongeng sudah dimulai sejak zaman dulu.

    “Namun saat ini teknologi menghampiri anak tanpa batas, dan mulai tergerus oleh visual, yang menyebabkan terbatasnya imajinasi dan bersikap pasif. Sehingga banyak dunia anak yang hilang,” katanya.

    Melisa Koordinator Mendongeng menyatakan, kegiatan mendongeng merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat dari ‘Indonesia Menyapa’ yang dilakukan para penerima bea siswa S2 dan S3 dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. “Selain mendongeng adapula kegiatan kakak adik inspirasi, teater dan lainnya. Khusus untuk mendongeng kebetulan bertepatan dengan Hari Dongeng Nasional dan Hari Guru, yang bekerjasama dengan media partner,” ujar Melisa.

    Kepala Sekolah SD Muh Menguri Kokap Uji Ikhtiarini Istiqomah mengakui kegiatan mendongeng ini baru pertama diadakan. “Kami lihat anak-anak senang dan terhibur. Adanya kegiatan ini, kami berharap anak-anak menjadi bersemangat dalam belajarnya. Karena selama ini semangat belajar masih kurang. Selain mendongeng juga ada kegiatan kakak asih,” ungkap Uji.

    Dona salah satu siswa kelas 5 mengaku senang bisa mendengarkan dongeng dari Kak Rona Mentari. “Saya baru pertama kali mendengar dongengannya. Bagus, saya suka. Ini merupakan pengalaman baru, karena bisa langsung melihat kak Rona,” ujarnya. (Wid)

    *

    Sumber : http://krjogja.com/read/282607/mendidik-anak-dengan-cara-mendongeng.kr

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: