• Penerima BPI LPDP Bangkitkan Jathilan dan Kerawitan Sebatang

    IMG-20150817-WA0028

    Program pengabdian masyarakat “Menyapa Indonesia” oleh penerima BPI LPDP membangkitkan budaya Jathilan dan Kerawitan dengan pemberikan pelatihan kebudayaan di Dukuh Sebatang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Pengarapan program ini telah berlangsung sejak Agustus 2015 dan akan berakhir di tahun 2017 mendatang.

    Tujuan dari program kebudayaan yaitu anggota karang taruna mampu memadukan pertunjukan seni tradisional dengan pasar seni dan pasar rakyat yang mempunyai nilai ekonomis, dan tercipta ruang seni berupa festival seni pertunjukkan dan pasar seni yang dikelola secara mandiri, terlaksana secara rutin, dan mempunyai target pasar luas.

    IMG-20150822-WA0005

    Program kebuyaan ini dilakukan secara bertahap yang dimulai dari skill building, yang dilakukan dengan memberikan pelatihan kesenian dan kebudayaan agar seniman lokal mempunyai daya saing tingkat global. Program ini kemudian dilanjutkan dengan melakukan kaderisasi, sebagai sarana transfer wacana kesenian tradisi kepada generasi muda dalam melakukan semangat kesenian di masa depan. Selain itu, juga akan diperadakan showcase atau pengadaan ruang tampil kegiatan pertunjukan seni. Untuk mengakomodasi perkembangan kesenian secara berkala akan ditunjukkan melalui video framing yang bekerja sama dengan komunitas film dokumenter. Program ini akan berakhir dengan sebuah pertunjukan kebudayaan yaitu Sebatang Heritage Festival yang bertujuan untuk mencptakan pasar seni yang berkelanjutan dan berdaya tarik secara luas.

    Program kebudayaan ini adalah program kedua yang dilaksanakan oleh penerima BPI LPDP Angkatan 43, Jivakalpa. Program Menyapa Indonesia oleh anggota Jivakalpa, PK angkatan 43 juga bergerak di bidang pendidikan.

    Penulis : Ary Utary Nur

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: