• PK : Hal-Hal Kecil adalah Komitmen

    12096618_10204864817051352_3237688765706250768_n

    Awalnya  saya tidak begitu bersemangat mengikuti PK. Saya pikir ini hanya pelatihan biasa sama seperti  pelatihan-pelatihan yang lain. Namun menjelang waktunya saya menjadi nerves dan memikirkannya terus-menerus.  PK adalah singkatan dari Persiapan Keberangkatan. PK adalah pembekalan untuk para penerima beasiswa LPDP. Untuk kegiatan ini teman-teman telah melakukan banyak persiapan dan berdiskusi di medsos.

    Ini hari pertama , hari ini adalah kesan pertama untuk hari-hari selanjutnya. Materi pertama adalah kesan pertama. Kesan pertama yang berbeda dari yang saya bayangkan sebelumnya. Mulai hari ini, semua harus tepat waktu, semua harus disiplin, dan yang paling utama adalah jujur.  Kelihatan dan kedengarannya sangat sederhana, tapi ternyata ini butuh komitmen yang kuat untuk melaksanakannya. Iyah komitmen, kenapa saya bilang komitmen, untuk bangun pagi-pagi dan melawan rasa kantuk hebat adalah hal kecil yang ternyata butuh komitmen kuat untuk menjalankannya. Satu lagi, tidak banyak orang yang akan jujur mengakui kesalahannya. TIDAK BANYAK. Termasuk saya mungkin, hehehe

    PK berlangsung selama enam hari, selama itu kami belajar banyak hal dan yang paling penting kami menemukan sahabat-sahabat baru, pengalaman-pengalaman baru, dan mental-mental baru sebelum kami hidup menempa diri menuntut ilmu. Setelah kegiatan ini, saya kemudian merenung bahwa sebenarnya kita tidak hanya sekedar butuh ijazah tapi juga butuh komitmen untuk menjadi orang  berguna  bagi sesama dan bagi nusa dan bangsa.

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: