• Program MI, Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dukuh Sebatang

    IMG-20150817-WA0028

    Gerakan Menyapa Indonesia (MI) yang dikelola oleh para penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI mengagas program peningkatan kualitas pendidikan di Dukuh Sebatang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

    Para penerima BPI LPDP yang tergabung dalam angkatan 43 yang bernama Jivakalpa mengadakan berbagai jenis program pendidikan untuk peningkatan kualitas pendidikan Dukuh Sebatang yang diberi nama Sebatang Asa. Beberapa program yang dilaksanakan diantaranya, Training of Trainers (ToT) yang dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru SD di daerah tersebut, Program kakak adik asuh yaitu program peningkatan motivasi belajar siswa dengan pendekatan personal seorang kakak asuh, Perbaikan kulitas PAUD dengan melakukan perbaikan infrastruktur PAUD melalui pengadaan alat peraga edukatif (APE), dan Perbaikan Kulitas Rumah Pintar (Rumpin) dengan melakukan upaya restrukturasi fungsi tata kelola Rumpin dan penambahan buku-buku bacaan. Program-program ini merupakan program berkepanjangan yang akan berlangsung hingga tahun 2018 mendatang.

    IMG-20150822-WA0003

    Gerakan menyapa Indonesia, Sapa Sebatang ini dikelola oleh 4 angkatan PK yang masing-masing bertanggung jawab terhadap bidang tertentu. Keempat bidang yang manjadi titik fokus program pemberdayaan masyarakat tersebut, yaitu bidang kesehatan yang dikeloala oleh PK angkatan 41, bidang ekonomi yang dikelolah oleh PK angkatan 42, pendidikan dan kebudayaan oleh PK angkatan 43, serta bidang pembangunan infrastuktur oleh PK angkatan 44.

    Penulis : Ary Utary Nur

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: