• Satu Dekade Program Studi Teknik Airtanah ITB

    Sejarah

    Sejarah berdirinya Program Studi Teknik Airtanah ITB dimulai pada tahun 2007, dimana terjadi penggabungan bidang keilmuan hidrogeologi Progam Studi Rekayasa Pertambangan dan hidrogeologi Program Studi Teknik Geologi ITB.

    Pendirian tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi hidrogeografi Indonesia yang dikenal sangat spesifik sehingga perlu dipelajari dan diteliti secara lebih mendalam. Selama ini, di Indonesia, pemahaman mengenai keilmuan hidrogeologi hanya terbatas pada airtanah sebagai sumber daya. Padahal, selain sebagai sumber daya yang perlu dikonservasi, airtanah juga dapat berfungsi sebagai kendala teknis yang perlu diperhatikan terutama dalam rekayasa sipil, pertambangan, hidrokarbon, panas bumi, mineral, dan fasilitas bawah tanah .

    Saat ini, Program Studi Teknik Airtanah ITB, merupakan program studi khusus pada jenjang magister dalam naungan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, dan menjadi satu-satunya Program Studi Teknik Airtanah di Indonesia, yang dapat mengakomidir kebutuhan spesifik hidrografi Indonesia.

    Persyaratan Peserta :

    Calon peserta adalah lulusan S1 dari jurusan atau program studi Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Geofisika, Geofisika dan Meteorologi, Teknik Perminyakan, Teknik Sipil, Geografi Fisik, Teknik Lingkungan dan Fisika Bumi, dari perguruan tinggi negeri dan swasta, baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri. Tidak menutup kemungkinan dari jurusan atau program studi lainnya, yang memilki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan peserta kuliah.

    Silabus :

    Tabel Mata Kuliah Wajib Program Studi Teknik Airtanah ITB

    Tabel Mata Kuliah Pilihan Program Studi Teknik Airtanah ITB

    • IGSH/Short Course : Mata kuliah pilihan transfer kredit saat short course/summer school yang berkaitan dengan keilmuan Program Studi Teknik Airtanah ITB yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan akademik di ITB.

    • Hidrogeologi Pertanian merupakan mata kuliah pilihan baru usulan penulis mengingat aplikasi keilmuan airtanah sangat berkaitan dengan bidang Pertanian.

    Alumni :

    Alumni Program Studi  Teknik Airtanah ITB tersebar di berbagai bidang kerjaan baik sebagai akademisi, praktisi, dan professional baik di instansi swasta maupun pemerintahan, dalam dan luar negeri.

    Alumni diharapkan mempunyai :

    1. Wawasan dan keterampilan dasar yang digunakan untuk pengembangan air tanah
    2. Wawasan dan kemampuan untuk melanjutkan penelitian ke jenjang doktor di bidang airtanah
    3. Kemampuan untuk mendesain dan mengatur suatu penelitian independen di bidang airtanah
    4. Pemahaman dan kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu airtanah dalam manajemen sumber daya air, kerekayasaan, konservasi lingkungan, dan eksplorasi sumber daya bumi.

    Akreditasi :

    Akreditasi Program Studi Teknik Airtanah ITB

    Berdasakarn SK Ban-PT Kemenristekdikti dengan nomor 1152/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015 Program Studi Teknik Airtanah ITB memiliki akreditasi A.

    Beasiswa :

    • Beasiswa Tesis dan Magister Dalam Negeri Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
    • Beasiswa Unggulan Kemenristekdikti
    • Beasiswa Voucher ITB

    Kegiatan Lainnya :

    • Laboratorium Hidrogeologi
    • Kuliah Lapangan Cisolok
    • Publikasi jurnal nasional dan internasional
    • Seminar nasional dan intenasional
    • Aktif dalam kegiatan keprofesian Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia (PAAI) dan International Association of Hydrogeologists (IAH)

     Satu Dekade

    Seiring dengan usia program studi Teknik Airtanah ITB yang akan memasuki satu dekade, besar harapannya program studi ini menjadi pelopor dalam kemajuaan keilmuan dan riset bidang airtanah/hidrogeologi baik dari sisi sains, kerekayasaan dan teknologi di Indonesia, serta terus berkembang secara eksponensial – limit x mendekati tak hingga. Selamat satu dekade Program Studi Teknik Airtanah ITB.

    Referensi :

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: