Sejarah dan Filosofi

Sejarah

Jivakalpa adalah nama angkatan Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP RI angkatan 43. Angkatan ini dibentuk sejak tanggal 23 Juni 2015 yang kemudian resmi bernama Jivakalpa pada tanggal 30 Juli 2015. Pada awalnya Jivakalpa terdiri dari 126 anggota yang kemudian seiring perjalanan akhirnya berubah menjadi 121 anggota resmi yang mengikuti Program PK LPDP RI pada tanggal 5-10 Oktober 2015 di Wisma Hijau Depok. Jivakalpa terdiri dari 6 kelompok PK  yaitu Papeda, Gadong, Songkolo Bagadang, Dadiah, Thiwul, dan Eloi.

Nama kelompok PK Jivakalpa semuanya bernuansa makanan, sesuai dengan tema yang diusung yaitu Diversifikasi Pangan. Tema ini diangkat mengingat 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Harapan kami melalui program-program yang dijalankan mampu menjadi sarana untuk memperkenalkan berbagai macam jenis pangan pengganti nasi sebagai makanan pokok yang tidak kalah dalam hal gizi.

Filosofi

Jivakalpa merupakan sebuah nama yang diturunkan dari kata sansekerta yaitu jiva atau jiwa yang berarti benih kehidupan dan kalpataru yang merupakan pohon pengharapan yang mencerminkan suatu tatanan lingkungan yang serasi, selaras, dan seimbang yang diidamkan karena melambangkan hutan, tanah, air, dan udara serta makhluk hidup yang mewakili seluruh lapisan kehidupan di bumi ini.
Nama ini merupakan sebuah pengharapan agar anggota PK 43 mampu menjadi benih kehidupan atau pencetus (trigger) generasi emas Indonesia. Menjadi generasi calon pemimpin harapan bangsa yang akan akan membawa kehidupan di Indonesia ke dalam tatanan kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang sesuai dengan yang diidamkan masyarakat.

%d bloggers like this: