• Temu Ramah Alumni dan Awardee LPDP Bandung Raya Bersama Dirut LPDP

    • lpdpitb1

    Foto Bersama Dirut dan Awardee beserta Alumni LPDP Bandung Raya

    Salam Indonesia Emas 2045

    Direktur utama LPDP, Bapak Eko Prasetyo kali ini menyempatkan diri untuk bertemu dan berbagi bersama awardee LPDP yang ada di Bandung, Jawa Barat. Bukan hanya para awardee yang hadir, kegiatan ini juga dihadiri oleh para alumni yang bermukim di Bandung. Selain Dirut LPDP, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Mohammad Lukmanul Hakim selaku Kepala Devisi Anggaran dan Akuntansi Direktorat Keuangan dan Umum, yang berlangsung di hotel Grand Asrilia (15/10).

    Berikut beberapa catatan penting hasil pertemuan yang coba kami rangkum untuk para Awardee dan Alumni LPDP

    .

    .

    .

    Ysh. Awardee dan Alumni LPDP dimanapun berada.

    Berikut pesan-pesan yang disampaikan oleh Bapak Eko Prasetyo kepada para Alumni dan Awardee LPDP di wilayah Bandung Raya.

    Semoga dapat menjadi pengingat dan penguat kita semua.

    1. Jumlah mahasiswa on-going pada tahun 2016 berkisar diangka 9000 orang, sedangkan untuk tahun 2017 ditargetkan mencapai 12.000. Dengan banyaknya jumlah mahasiswa yang on-going, LPDP terus berusahan untuk tetap profesional dan memberikan layanan yang terbaik.

    2. Rancanglah rencana masa depan anda sebaik mungkin. Jika anda merupakan lulusan S2, pikirkan untuk memilih dunia profesional ataukah melanjutkan studi S3. Setelah anda menjadi alumni, LPDP memiliki program yang bernama talent assesment and management, yang didalamnya mengajarkan anda untuk menyusun model rencana masa depan. Mohon terus aktif pada kegiatan pasca kelulusan anda.

    3. Program terdekat adalah Welcoming Alumni 2017, anda diharapkan aktif didalamnya. Karena melalui program ini, akan membahas bentuk-bentuk kontribusi nyata LPDP khusunya alumni terhadap masa depan bangsa dan negara.

    4. Rumah kita skrg memiliki anggota keluarga baru yaitu awardee BUDI. Meskipun beliau-beliau ini sudah jadi dosen, namun kiranya hindari rasa dan sikap eksklusif karena menu yang didapatkan sama dengan awardee LPDP lainnya. Untuk itu diharapkan agar menjaga kekompakkan dan gotong royong antara awardee BUDI dan LPDP.

    5. Kekerabatan, persaudaraan, gotong royong, dan kekeluargaan merupakan kunci untuk keluarga LPDP. Tetap jaga kebersamaan karena inilah pondasi kekuatan kita.

    6. Saling tolong menolong antar awardee, pastikan teman-teman lulus tepat waktu atau jika lebih cepat dari waktu yang ditentukan, tentu itu lebih baik.

    7. Setelah lulus, pikirkan karya apa yang akan dibuat. Tetap aktif dalam circle LPDP, “jangan hilang sinyal dari keluarga ini”. Salah satu tempat berkarya adalah Mata Garuda. Buat program yang bersifat national interest yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

    8. Ketika kembali ke daerah masing-masing, ingat kebersamaan kita saat PK, saat Pelatihan Bahasa, saat kuliah, ingat bahwa anda tidak sendiri. Kebersamaan dari ribuan awardee dan alumni LPDP ini akan jadi modal untuk memperbaiki permasalahan yang ada di daerah. Buatlah solusi nyata untuk wilayah-wilayah tersebut.

    9. Selalu tanamkan pemikiran bahwa awardee LPDP senasib dan sepenanggungan, tidak menjadikan diri maupun kelompoknya eksklusif. Karena kita memiliki visi yang sama yaitu membela merah putih, membela kepentingan bangsa.

    10. Satu orang lulusan LPDP harus bisa menggerakan seribu orang dibawahnya untuk menuju Indonesia yang maju.

    11. Bagaimana kita bisa berpengaruh pada lingkungan sekitar. Tunjukkan bahwa kita dapat bermanfaat bagi masyarakat. Jangan terlalu low profile, sebarkan aura positif melalui seluruh lini media yang ada.

    12. Berkaryalah dan bangga menjadi penerima beasiswa LPDP. Jangan hanya untuk 5 atau 10 tahun kedepan saja, lanjutkan perjuangan (berkarya) untuk negeri hingga akhir hayat.

    13. Jadilah jembatan bagi masyarakat di daerah dan LPDP, selalu sebarkan informasi mengenai LPDP. Jangan bangga menjadi orang pertama yang mendapat beasiswa LPDP dari daerah tersebut, banggalah bahwa anda dapat mengajak 1000 orang lainnya untuk mendapatkan beasiswa ini.

    14. Kita butuh orang2 baik untuk memperbaiki Indonesia. Jika negeri ini dipimpin oleh orang2 yg tak baik, jgn salahkan karena kalian berdiam diri. Maka jangan hanya berdiam diri, bergerak dan berkontribusi, lakukan sesuatu.

    Selain itu juga dibahas hal-hal menarik seputar LPDP terkini sbb :

    a. Menanggapi isu bahwa LPDP tdk akan buka seleksi tahun depan, itu tidak benar. memang pada tahun 2016 ini pengeluaran kita lebih besar dibandingkan pendapatan, namun itu tdk jd masalah karena kita masih memiliki dana endowment yg menjamin keberjalanan program tidak hanya utk setahun kedepan, tapi hingga kita dapat mencapai tahap yg sustain. hal ini pun tdk akan menggangu beasiswa lanjutan.

    b. Program Menyapa Indonesia dihentikan? tentu tidak. program yg sedang direncakan dan sudah berjalan, silakan dilanjutkan.
    kini LPDP sedang merestrukturisasi program PK agar tetap substantif namun lebih mudah dicerna oleh peserta. substansi program kemasyarakatan di tiap PK tdk boleh hilang.

    c. Program kegiatan Mata Garuda pada intinya mengutamakan konten yg diberikan kpd masyarakat.
    mengenai struktur MG di daerah, tidak harus terstruktur kaku, silakan disesuaikan dgn dinamika, kultur dan kebutuhan daerah yg ada.

    d. Satu pesan terakhir, tanggal 30 Oktober yang merupakan Hari Uang Indonesia yang ke-70. Uang Indonesia pertama kali diterbitkan pada tahun 1946.
    Diharapkan awardee dan alumni seluruh dunia dapat memberikan ucapan pada hari tersebut.
    boleh dalam bentuk apapun, jangan lupa menyertakan tagar #HariORI dan mention ke akun kemenkeu dan lpdp.
    contoh : “semoga momentum hari uang ini menjadi semangat kemandirian finansial demi kemajuan sumber daya manusia Indonesia”.
    yuk supaya Ibu Menkeu semakin semangaaatt!

     

    Salam hangat dari Bandung untuk keluarga awardee dan alumni LPDP

     

    lpdpitb2

    Para Lurah Se-Bandung Raya

    Sumber : Notulensi Sekretaris LPDP Baraya

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: