• Tentang Harapan Setiap Manusia

    Int

    Secercah harapan (Int)

    Sejak lahir, kita sudah dikaruniahi doa-doa dari orang-orang di sekitar kita. Rasa bahagia dan harapan-harapan akhirnya tumbuh bersama kita. Kita tumbuh bersama cita-cita dan harapan-harapan orang-orang di sekeliling kita.

    Dan akhirnya mulailah kita menjadi anak-anak dan mengenal sekolah. Berawal dari belajar mengenal huruf, mengeja satu per satu angka dan kemudian merangkainya menjadi sebuah tulisan. Maka terbukalah jendela dunia untuk membaca banyak hal yang ada di sekitar kita. Di bangku pendidikan formal materi-materi yang diajarkan bapak ibu guru mengenalkan kita tentang profesi orang-orangĀ  secara umum, seperti astronot, dokter, pegawai dan lain-lain. Sementara bangku pendidikan non formal mulai mengajarkan kita bagaimana membentuk karakter kita dari awal, mencapai tujuan hidup, dan menjadi diri kita sendiri. Semua tetap ada baik buruknya.

    Sejak kuliah saya bekerja sebagai relawan di sebuah sekolah alternative. Maka langkah awal saya mengenal dunia pendidikan dari sini.Selama di sini saya sangat senang bercerita dengan ibu-ibu atau orang tua anak-anak, saya selalu ingin mendengar harapan-harapan mereka terhadap anak-anaknya, juga mimpi mereka tentang pendidikan anak-anaknya sebagai warga yang tidak mampu. Tidak mampu bukan berarti tidak punya mimpi. Tapi mereka menaruh harapan besar terhadap dunia pendidikan, juga terhadap sistem-sistem pendidikan yang kita bangun. Terlepas dari bagaimana kondisi dirinya saat ini. bercerita dengan orang tua anak-anak adalah hal penting harapannya agar pihak sekolah mampu mensinkronkan antara harapan-harapan orang tua, mimpi anak-anak dan tujuan sekolah itu sendiri.

    Saat mengajar baca tulis di pedalaman Sulawesi tepatnya di suku Kajang , seorang anak pernah ditanya apakah cita-citamu. Dia tersenyum dan berkata saya ingin punya banyak sawah, sapi, dan kerbau. Itu sudah cukup untuknya. Bagi saya, apapun cita-cita setiap orang itu patut kita hargai. Terlepas dari sisi materi. Karena kebahagian yang ingin di bangun setiap orang untuk kehidupannya berbeda-beda.

     

    Penulis : Andi Sulfiani

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: