• Work Hard, Play Often

    Kedatangan saya ke Sydney, Australia sebagai New Student disambut semarak oleh University of New South Wales. Di Australia, acara orientasi bagi mahasiswa baru sangatlah berbeda dengan yang ada di Indonesia, tidak ada tugas-tugas yang tidak masuk diakal yang harus dipersiapkan sampai tidak tidur dan bahkan semua anggota keluarga dikerahkan untuk membantu, disini acara orientasi dikemas layaknya festival. Jalan utama universitas dipenuhi dengan stan-stan yang memperkenalkan tentang berbagai macam komunitas dan perkumpulan yang sesuai dengan minat kalian, dari komunitas sesuai jurusan kalian seperti komunitas matematika, komunitas bisnis hingga komunitas cosplay dan DOTA. Komunitas ini akan menjadi wadah bagi kalian untuk mengembangkan minat dan bakat kalian. Atau bisa juga menjadi wadah penghilang stress di tengah padatnya perkuliahan.

    compressed-a8ja

    Stan-stan dan Mahasiswa yang memenuhi jalan utama UNSW di hari pertama Orientation day

    Keramaian stan-stan yang menawarkan atraksi untuk menarik murid baru untuk berkunjung dan mendaftar, UNSW juga menawarkan workshop bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal dan bisa beradaptasi dengan cara belajar di jenjang universitas (bagi yang melanjutkan jenjang bachelor) dan cara belajar di negara Australia (bagi murid internasional seperti saya).

    compressed-n5f2

    Pertunjukan musik dan tarian asli Aborigin pada acara penyambutan mahasiswa post-graduate

    Kegiatan selama seminggu ini sangatlah menyenangkan dan hampir saja membuai saya untuk melupakan bahwa di tanggal 28 Februari merupakan hari pertama perkuliahan saya di UNSW. Minggu pertama perkuliahan, kami diinfokan bagaimana cara penilaian dan apa saja yang akan dibahas selama masa perkuliahan satu semester ke depan. Berkali-kali kami diingatkan oleh para dosen bahwa kami disarankan untuk belajar minimal 10 jam seminggu untuk bisa mengerti pelajaran yang kami ambil. Bagi pelajar Internasional seperti saya, saya wajib mengambil empat mata pelajaran setiap semesternya. Ini berarti saya harus siap mengalokasikan 40 jam dalam seminggu untuk bisa memahami materi yang diberikan. Oke tantangan diterima.

    sidney unsw

    Foto bersama Awardee LPDP yang kuliah di UNSW

    Tugas-tugas yang tiada berujung, satu deadline ke deadline selanjutnya terus mengalir diberikan oleh dosen. Bagi kalian yang mempunyai keahlian membagi waktu yang sudah terlatih selama menempuh jenjang sarjana, saya pastikan keahlian itu akan sangat berguna ketika ingin melanjutkan perkuliahan disini. Kemampuan membagi waktu akan sangat membantu kalian untuk menghindari stress dengan banyaknya tugas yang diberikan. Jangan sampai karena mengerjakan tugas, malah sampai kekurangan jam tidur dan akhirnya membuat kalian sakit di negara orang.

    Namun tenang saja bagi kalian yang ingin melanjutkan sekolah di UNSW. Salah satu yang membuat kampus ini menjadi salah satu yang terbaik adalah fasilitas yang diberikan bagi mahasiswanya, terutama yang mempunyai kekurangan di bidang numeracy dan literacy, mahasiswa yang terdaftar di UNSW dipersilahkan meminta bantuan apabila dirasa mempunyai kekurangan di kedua bidang tersebut. Staff yang ahli dibidangnya akan membantu kalian untuk menyelesaikan tugas yang kalian rasa berat.

    Fasilitas kampus seperti ruangan belajar khusus yang terbuka 24 jam bagi mahasiswa yang mengambil jenjang master sangat membantu untuk memberikan kenyamanan belajar bagi mereka yang lebih memilih untuk belajar di malam hari. Jadi sangat terlihat bagaimana usaha kampus ini untuk membantu mahasiswanya dalam proses belajar dan mencapai nilai yang diinginkan.

    Sydney juga merukapan kota yang cocok bagi kalian yang ingin melepas penat setelah belajar, tersedia taman-taman indah yang terawat yang bebas kalian datangi. Kalian juga bisa menjadikan taman salah satu alternatif tempat belajar bagi kalian yang ingin mendapatkan suasana belajar yang berbeda. Dari hijaunya taman yang memanjakan mata, kita bisa beralih ke berbagai pilihan pantai indah yang bisa kalian nikmati. Untuk sekedar menikmati angin pantai atau langsung mencicipi berenang di pantai Bondi, pantai yang  paling terkenal di Sydney.

    compressed-g0yv

    Milk Beach, Pantai tersembunyi di Sydney

     

    Penulis : Made Marsya Surya Handarini

    Student of New South Wales University

    Comments

    comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: